Langsung ke konten utama

Obat Gatal dan Iritasi Kulit dari Bahan Alami

Obat Gatal dan Iritasi Kulit dari Bahan Alami-Gatal adalah perasaan yang secara otomatis atau refleks menuntut seseorang untuk menggaruk. Penggarukan inilah yang menyebabkan kulit menjadi merah yang di sebabkan oleh iritasi, gatal terjadi karena adanya reaksi alergi bahan kimia, makanan, sengatan serangga, sinar matahari, dan obat-obatan. Meskipun gatal bukanlah suatu penyakit yang mengkhawatirkan. Tapi jika di biarkan begitu saja, maka akan mengalami masalah yang lebih serius seperti luka garukan menjadi infeksi, bakteri.


Cara menghindari penyakit gatal gatal pada kulit

Obat Gatal dan Iritasi Kulit dari Bahan Alami-Selain mengobati atau menyembuhkan, kami juga memberitahu bagaimana caranya supaya kita terhindar dari penyakit gatal ini. Caranya yaitu dengan sebagai berikut:

1. Hindari Tempat yang bersuhu dingin
Bagi orang yang tidak terbiasa diam di tempat yang suhu rendah biasanya akan menimbulkan bentol dan gatal-gatal, sehingga tidak baik jika kita berada berlama-lama disuhu yang dingin.

2. Jangan telat makan
Apabila kita telat makan maka akan menimbulkan rasa mual yang terdapat pada tubuh, meskipun hal itu tidak terasa secara langsung oleh kita, akan tetapi hal itu bisa mengakibatkan munculnya bentol besar yang disebut kaligata, maka dari itu jangan pernah telat makan

Pernahkah anda mengalami gatal-gatal pada kulit yang di sertai ruam atau bentol-bentol? pastinya anda akan menjawabnya pernah, baik itu pada salah satu titik tubuh bahkan di seluruh tubuh yang di sertai dengan ruam atau tidak sekalipun. Meski sering kali di anggap sepele, namun jika anda telah mengalami kondisi ini tentunya anda akan merasa tidak nyaman dan juga mau tidak mau kita harus menggaruknya. Menjengkelkan bukan?

Namun, perlu untuk anda ketahui bahwasannya di balik rasa gatal tersebut terdapat berbagai penyebab, baik mulai dari masalah yang sederhana hingga kondisi yang cukup serius. Secara tingkasnya, 

penyebaba kulit gatal dapat di sebabakan oleh beberapa faktor berikut:
  • Kulit kering (xerosis), pada umumnya kondisi ini sering kali disertai dengan ruam.
  • Kurangnya menjaga kesehatan kulit, sehingga menyebabkan berbagai jenis bakteri mau[un jamur menumpuk pada kulit.
  • Penyakit kulit dan ruam, seperti eksim/dermatitis, psoriasis, kudis, kutu, cacar air, panu, kulit jamuran, biduran dan lainnya. Selain kulit yang memerah kondisi beberapa kondisi ini pula di sertai dengan  kulit yang teritasi, benjolan dan lecet.
  • Penyakit dalam. Seperti halnya penyakit hati, penyakit celiac, gagal ginjal, anemia defisiensi besi dan lainnya.
  • Gangguan saraf. seperti halnya diabetes mellitus, saraf terjepit dan lainnya.
  • Iritasi dan reaksi alergi.
  • Reaksi terhadap beberapa jenis obat-obatan.
  • Kehamilan, sehingga tak sedikit ibu yang mengalami gatal perut saat kehamilan.
Adapun untuk pengobatannya sendiri perlu di cocokan dengan penyebab yang di alami. Namun, apabila gatal di kulit anda di sebabkan oleh kulit kering, iritasi akibat jamur, anda bisa mengatasinya dengan sederhana menggunakan beberapa obat mengatasi gatal pada kulit dari bahan alami berikut.

Obat gatal pada kulit seluruh badan menggunakan bahan alami

Beberapa bahan alami berikut dapat anda jadikan sebagai obat tradisional gatal pada kulit kaki, wajah, selangkangan hingga seluruh badan yang aman di gunakan pada bayi, anak, dewasa hingga ibu hamil di karenakan penggunaannya hanya untuk luar. Berikut uraian selengkapnya.

1. Lidah buaya
Bahan alami yang satu ini telah terbukti secara efektif sebagai obat untuk gatal pada kulit, baik untuk kulit gatal berair maupun kering. Caranya cukup dengan mengoleskan cairan gel lidah buaya pada bagian kulit yang bermasalah.

2. Kunyit
Obat tradisional untuk gatal pada kulit selanjutnya adalah dengan menggunakan kunyit. Di dalamya terdapat kandungan curcumin yang mana berperran sebagai antioksidan, antiinflamasi serta antiseptik yang dapat menghadang berbagai jamur ataupun bakteri yang menyebabkan gatal di kulit. Untuk memanfaatkannya sendiri anda bisa menumbuk halus kunyit dan daun sambiloto yang telah di cuci sebelumnya hingga halus dan oleskan secara merata pada bagian kulit yang terasa gatal.

3. Tanah liat
Meski sekilas terdengar cukup aneh, namaun nyatanya tanah liat pun termasuk bahan alami yang dapat kita manfaatkan untuk mengatasi kulit gatal terlebih yang di sebabkan oleh gigitan serangga. Tanah liat sendiri bekerja dengan cara menarik racun-racun pada kulit, sehingga rasa gatal yang timbul dapat berkurang. Cara cukup dengan mencampurkan tanah liat dengan menggunakan sedikit air sehingga menjadi adonan setengah lumpur dan oleskan secara merata pada kulit yang terasa gatal.

4. Minyak kelapa dan lemon
Obat alami untuk mengobati gatal pada kulit lainnya adalah dengan menggunakan jeruk lemon dan juga minyak kelapa. Caranyapun cukup sederhana, yaitu dengan mencampurkan perasan air lemon dan minyak kelapa kemudian oleskan pada bagian kulit yang terasa gatal. Lakukan cara ini sebelum tidur dan biarkan semalaman hingga gatal-gatal yang anda alami kian berkurang.

5. Daun sirih dan kulit manggis
Untuk meredakan rasa gatal kulit dengan menggunakan bahan alami yang satu ini caranya adalah dengan menyediakan terlebih dahulu 20 lembar daun sirih dan 100 gram kulit buah manggis. Setelah di cuci bersih, rebus kedua bahan tersebut secara bersamaan dengan menggunakan air secukupnya hingga mendidih. Setelah agak hangat, anda dapat menggunakan air rebusan tersebut untuk membasuh bagian kulit yang terasa gatal.

6. Daun peppermint
Bahan alami yang satu ini sangat bagus di jadikan sebagai obat untuk menghilangkan gatal pada kulit secara herbal. Hal tersebut di karenakan di dalamya terdapat kandungan yang mampu menurunkan tingkat iritasi dan juga pembengkakan. Caranya sendiri cukup dengan menggunakan daun peppermint yang telah di bersihkan, kemudian gosok-gosokkan daun peppermint pada area kulit yang tersaa gatal. Tunggu sesaat agar kandunga obat ruam gatal pada kulit ini meresap dan bilas hingga bersih menggunakan air.

7. Daun salam
Kandungan antibiotik alami yang terdapat di dalamnya menjadi salah satu alasan mengapa daun salam dapat di jadikan obat penghilang rasa gatal pada kulit yang bisa di gunakan oleh semua jenis usia. Cara pemanfaatannya sendiri adalah dengan melumatkan beberapa lembar daun salam yang telah di cuci bersih. Kemudian tempelkan pada area kulit yang terasa gatal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kenapa di ketiak ada bentol bentol merah

kenapa di ketiak ada bentol bentol merah -Ketiak atau ketek merupakan daerah sensitif pada seseorang,terlebih lagi ketiak tempat yang sering berkeringat sehingga rawan terhadap berbagai penyakit kulit salah satunya penyakit gatal.Kondisi kulit yang gatal hingga harus digaruk pastinya akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan tentunya sangat membuat tidak nyaman.Gatal pada ketiak banyak penyebabnya seperti kuman,bakteri atau jamur.Keringat yang berlebihan juga salah satu penyebab gatal pada ketiak.Terjadi ruam kemerahan pada kulit disertai dengan gatal,perih,nyeri dan terkadang terasa panas merupakan hal yang dialami oleh penderita gatal pada ketiak.Selain dari penyebab gatal seperti kuman,bakteri atau jamur gatal pada ketiak juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti pemakaian deodorant,sabun,parfum yang tidak cocok pada kulit sehingga akan menimbulkan gatal.Maka dari itu gatal pada ketiak harus segera diobati dengan obat yang tepat.simaklah artikel berikut ini penjelasan mengenai

Obat Gatal Jamur Di selangkangan Yang Membandel

Obat Gatal Jamur Di selangkangan Yang Membandel-penyakit gatal dapat disebabkan oleh berbagai hal,bisa seperti gigitan serangga atau lain sebagainya.tapi berbeda jika gatal tersebut disebabkan oleh bakteri,jamur,alergi makanan atau alergi kimia. oleh karena itu gatal tersebut harus segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.berikut ulasan artikel cara mengobati gatal jamur diselangkangan yang membandel. Obat Gatal Jamur Di selangkangan Yang Membandel -Jamur yang biasa menginfeksi kulit manusia, termasuk Pada Alat Vital Dan Selangkangan adalah Jamur Candida. Jamur ini dapat menginfeksi kulit yang justru cenderung sehat, hangat, ataupun lembab. Infeksi jamur ini bisa terjadi pada kaum pria yang cenderung melakukan hubungan seks dengan tidak aman serta tidak menjaga kebersihan penisnya dengan tidak baik. Penis yang sering berada dalam kondisi lembab ternyata memiliki resiko munculnya infeksi jamur ini. Selain penjagaan kebersihan yang kurang baik, faktor res

Kenapa selangkangan gatal saat hamil

Kenapa selangkangan gatal saat hamil -Suatu kondisi yang membuat tidak nyaman dan mengganggu dikarenakan gatal,gatal bisa terjadi dibagian tubuh mana saja termasuk bagian selangkangan atau lipatan paha.Gatal bisa terjadi pada siapa saja termasuk pada wanita yang sedang hamil,selain tidak enak dipandang gatal juga membuat perasaan malu ketika ingin menggaruknya apalagi mengalami gatal di tempat umum.gatal pada selangkangan bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti infeksi bakteri atau jamur dan alergi makanan,penyebab utama gatal selangkangan kurangnya menjaga kebersihan daerah selangkangan sehingga kuman dapat berkembang didaerah selangkangan.Maka dari itu sebelum semakin parah bahkan berbahaya gatal segera sembuhkan dengan obat yang tepat.Simaklah artikel berikut ini penjelasan mengenai gatal dan salah satu obat herbal ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis gatal termasuk gatal pada selangkangan saat hamil. Penyebab gatal selangkangan  Kenapa selangkangan gatal saat ha